5 Tip Atasi Wc Mampet Untuk Anda

Mampet kerap menjadi masalah tersendiri pada WC rumah. Masalah ini tidak boleh dipandang sepele mengingat WC merupakan salah satu aspek penting dalam rumah. WC terutama digunakan sebagai sarana membuang kotoran dalam tubuh yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Apabila WC mampet, maka harus segera ditangani agar kita bisa senantiasa merasa nyaman saat menggunakannya. WC mampet sendiri menjadi masalah yang umum dialami dalam rumah tangga. Biasanya, WC mampet karena adanya sampah, baik secara sengaja ataupun tidak. Termasuk di antaranya adalah sampah kertas, bungkus shampo atau sabun, tisu, pembalut hingga mainan anak. Terdapat beberapa cara mengatasi WC jongkok mampet yang bisa kita coba di bawah ini.
Tips Mengatasi WC yang Mampet
Dalam membersihkan WC mampet, penting untuk melakukannya pada saat aktivitas di toilet sedang sepi atau berkurang, misalnya adalah pada malam hari. Selain itu, gunakan juga masker serta sarung tangan karet agar kebersihan dan kesehatan terjaga. Terutama sekali adalah agar tangan tidak terkena kotoran dari WC serta agar tidak terkena efek samping dari pemakaian bahan tertentu yang dapat merusak kulit.
1.    Sabun Cuci Piring
Ada beragam bahan yang dapat kita manfaatkan sebagai soluisi WC mampet. Pertama adalah sabun cuci piring. Kita dapat menggunakan sabun cuci piring cair seperti Sunlight. Cara mengatasi WC mampet dengan Sunlight juga terbilang mudah.  Tuangkan sabun cuci piring secukupnya saja ke dalam lubang WC. Kemudian, tuangkan air panas ke dalamnya. Biarkan WC selama kurang lebih beberapa menit. Sabun akan mulai bekerja dalam melonggarkan sumbatan yang ada di dalam WC.
Setelahnya, siram WC seperti biasa dengan menggunakan air dalam jumlah banyak. Ini dilakukan agar sumbatan turut keluar dari dalam saluran pembuangan. Obat WC mampet dengan menggunakan sabun cuci piring ini terutama akan bermanfaat apabila sampah penyumbat WC berupa tissu. Cara lain yang bisa digunakan untuk mengatasi WC mampet adalah cuka putih serta bubuk soda atau baking soda. Kedua bahan alami ini dapat kita temukan secara mudah dan murah di pasaran.
2.    Gunakan Baking Soda
Tuangkan bubuk soda terlebih dahulu di dalam lubang WC dengan takaran secukupnya saja. Baking soda ini adalah bubuk yang biasa kita gunakan dalam membuat kue. Kemudian, tuangkan sedikit demi sedikit cuka putih ke dalamnya. Apabila busa telah mulai meluap dari dalam lubang, kita bisa menghentikan penuangan cuka. Diamkan beberapa menit, kemudian siram lubang WC dengan air panas supaya cuka serta bubuk soda mulai bekerja dalam menghancurkan sampah yang membuat WC mampet. Biarkan semalaman dan siram lubang WC dengan air bervolume tinggi agar sampah dapat terbuang. Cara mengatasi WC penuh ini layak untuk dicoba karena mudah serta bahan-bahanya juga murah.
3.    Air Panas
Selanjutnya ada cara mengatasi WC mampet dengan air panas. Tak hanya dengan air panas namun juga shampo yang biasa kita gunakan untuk rambut. Caranya cukup mudah. Siapkan wadah berupa gayung atau wadah lain, kemudian isi menggunakan air panas. Tuangkan shampo secukupnya. Tuangkan campuran ini ke dalam lubang WC. Tunggu kira-kira sepuluh menit sampai air terlihat agak turun. Setelah itu segera siram WC menggunakan air. Apabila WC masih saja tersumbat, tambah volume dari air panas serta shampo. Lakukan berulang kali hingga air mengalir secara bebas. Kombinasikan cara ini dengan menggunakan alat khusus pembersih bagian dalam WC.
4.    Soda Api
Berikutnya, ada cara mengatasi WC mampet dengan soda api. Soda api ini bisa dibeli di toko-toko bangunan. Cara penggunaanya pun hampir sama, di mana kita cukup menyediakan soda api sebanyak setengah plastik. Tuangkan dalam wadah dan campurkan dengan air panas. Siramkan campuran ini ke dalam lubang WC. Biarkan semalaman dan keesokan harinya segera kita siram lubang WC dengan air bervolume tinggi. Namun, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dari penggunaan soda api ini, terutama dari segi keselamatan. Soda api terkenal dapat menyebabkan luka bakar yang cukup parah pada kulit, sehingga kita harus menggunakannya secara hati-hati.
Saat menggunakan soda api untuk membersihkan WC mampet, pastikan kita menggunakan sarung tangan karet. Ini agar kulit terhindar dari kontak langsung dengan soda api tersebut. Apabila soda api terkena kulit, segera cuci kulit yang terkena dengan menggunakan air mengalir dalam jumlah sebanyak mungkin. Reaksi dari soda api dengan air sendiri tampak seperti air mendidih yang disertai beberapa letupan kecil. Kenakan juga masker mulut atau hidung agar tidak ada reaksi gas yang terhirup dan masuk ke dalam tubuh. Jangan lupa untuk turut menggunakan pelindung mata serta jauhkan wajah pada saat menuangkan soda api ini ke dalam lubang WC. Tujuannya adalah agar kita bisa menangkal percikan dari hasil reaksinya.
Soda api juga dapat menghangatkan air yang telah bereaksi dengannya. Jadi, jika kita menggunakan soda api, tidak perlu lagi menggunakan air panas. Suhu air yang terlalu panas justru bisa merusak pipa PVC pada saluran pembuangan. Cara mengatasi WC tersumbat pembalut menggunakan soda api memang membutuhkan kehati-hatian ekstra. Soda api disebut juga soda kaustik dan merupakan nama pasaran dari Soidum hidroksida atau NaOH. Soda api yang bereaksi dengan air akan membentuk gelembung yang akan membantu dalam menghancurkan penyumbat bersifat organik. Walaupun bentuknya padat, akan tetapi soda api ini tidak akan mengendap di dalam pipa pembuangan atau di dalam septic tank. Ini karena soda api akan larut dalam air.
Dalam hal mengatasi WC mampet, soda api sebenarnya tidak seampuh sulfuric acid, akan tetapi bahan ini cenderung lebih mudah untuk digunakan serta lebih aman, sepanjang kita mengikuti langkah-langkahnya dengan benar dan mengikuti petunjuk keselamatan pada saat menggunakannya. Penggunaan soda api tidak menggunakan takaran pasti karena tergantung pada tingkat keparahan dari sumbatan yang terjadi. Akan lebih baik apabila kita memulai dengan menggunakan sedikit saja soda api lalu melihat reaksi yang terjadi. Apabila sumbatan tetap terjadi maka barulah kita tambahkan takaran soda api yang digunakan. Durasi reaksi dari soda api serta air juga tidak memiliki patokan pasti. Hal ini tergantung pada takaran soda api yang digunakan.
5.    Garam
Cara mengatasi WC mampet dengan garam dan peralatan khusus juga dapat digunakan. Peralatan khusus yang digunakan di antaranya adalah plunger. Plunger ini digunakan dalam menarik sampah ataupun benda lainnya yang menyumbat lubang WC. Alat lain yang dapat kita gunakan di antaranya adalah hanger kawat ataupun selang panjang agar dapat menarik benda yang menyumbat WC.
Demikian adalah beberapa cara dalam mengatasi WC yang tersumbat. Sampah dalam lubang WC dapat dihancurkan atau ditarik keluar dengan menggunakan aneka bahan serta alat tersebut di atas. Selain itu, faktor kebersihan dan juga kebiasaan penting untuk menjadi perhatian kita. Apabila cara-cara di atas ternyata belum juga berhasil, kita bisa menggunakan jasa sedot WC.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *